Sunday 19 June 2016

Contoh Laporan Usaha Kecil Beserta Perhitungan BEP

Contoh Laporan Usaha - Dalam dunia bisnis kita pasti mengenal tentang laporan usaha dan juga laporan keuangan. Laporan usaha adalah laporan yang d buat oleh pemilik usaha guna memberikan informasi kepada pembaca atau sebagai pemberi informasi tentang usaha yang akan di jalani maupun yang sudah berjalan. beberapa manfaat laporan usaha adalah

  • Memberikan pandangan tentang usaha yang akan di jalani.
  • Membantu dalam perencanaan usaha agar lebih matang.
  • Mengetahui peluang dan ancaman yang ada mengenai usaha yang akan kita jalankan. dan lain-lain.
Dalam laporan usaha biasanya juga terdapat tentang laporan keuangan sebuah usaha. Laporan keuangan ini sangat penting karena akan membantu kita mengetahui BEP usaha kita dan mempermudah dalam perhitungan aliran modal kita.

Di bawah ini saya bagikan contoh laporan usaha yang telah saya buat. Awalnya laporan ini saya buat untuk melengkapi tugas kewirausahaan. Semoga bermanfaat..


1. Konsep Bisnis
Dalam era sekarang ini , fassion menjadi tren yang sangah mudah di ikuti dan cepat sekali berkembang. Banyak sekali model dan bentuk yang menjadi tren fassion saat ini mulai dari tas, sepatu, baju, kemeja dan masih banyak lagi. Tas pada saat ini era sekarang bukan hanya untuk meletakan barang bawaan kita saja tetapi sudah menjadi bagian dari fassion, ada banyak sekali variasi dari tas mulai dari segi model, bentuk, ukuran, bahan dan harga. Tas slingbag dan Totebag salah satu yang sedang menjadi tren saat ini, dimana tas ini simple dan mudah untuk di bawa kemana-mana dan juga mendukung penampilan untuk menjadi lebih anggun tentunya.
Awalnya ada permintaan dari teman untuk mencarikan slingbag dan totebag. Melihat perkembangan penjualan yang makin tinggi itulah muncul peluang untuk menjual dan mendistribusikan barang ini. Selain itu harga tas ini yang murah juga menjanjikan peluang keuntungan yang lumayan besar. Adanya dorongan untuk memiliki penghasilan sendiri tanpa meminta orang tua juga menjadi alasan kuat untuk memulai bisnis ini. Dengan alasan dan landasan tersebut saya memutuskan untuk merintis usaha menjual tas slingbag dan totebag, dan usaha kami tersebut saya beri nama , yaitu: MM STORE.
Beberapa manfaat dari menjalankan usaha ini antara lain:
1. Manfaat Ekonomi
Usaha menjuan tas ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin keawetannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.

2. Manfaat Sosial
a) Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah. Usaha ini cukup menjanjikan bagi kita, karena masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum terjangkau oleh produk ini, sehingga kita dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.

b) Bagi Masyarakat
Dengan adanya usaha ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan fassion mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.


3. Harga produk yang murah.
Produk yang kami sangat simple tetapi dari segi bentuk dan model produk kami cukup menarik dan elegan, di tambah harga yang murah karena memasok langsung dari konveksi pembuatnya.
1.1 Strength
Harga lebih murah karena produk di beli langsung dari konveksi.
Produk update sehingga produk yang di tawarkan tidak monoton.
Motif produk variatif.
Tas lebih tebal dari produk pesaing.
1.2 Weakness
Ukuran tas yang kecil sehingga tidak muat banyak barang.
Produk tidak anti air.
Peminat Produk yang Musiman.
1.3 Opportunities
Produk sedang tren beberapa bulan ini.
Banyak anak muda khususnya kaum hawa yang meminati produk.
Distribusi produk yang belum merata ke daerah-daerah.
1.4 Treat
Adanya pesaing yang menjual produk sejenis.
Adanya pihak lain yang meniru produk.
1.5 Competitor
Untuk market jogja kompetitor sangat banyak seperti penjual di malioboro.
Online shop yang menjual produk sejenis.

2. Produk (Barang/Jasa)
2.1 Deskripsi Produk
Produk yang di jual di MM Store adalah totebag dan slingbag. Totebag meruapak tas yang terbuat dari kain dengan ukuran sekitar 40 cm x 25 cm  dengan disain sablon berbagi warna dan motif. Slingbag meruapak tas kecil yang berukuran 25 cm x 20 cm dengan bahan kanvar bermotif dan vinil sebagai kombinasi serta menggunakan tali rantai atau tali vinil. Kedua tas ini biasa di gunakan kaum hawa untuk acara santai atau untuk tempat barang seperti hp dan dompet saat berlibur atau jalan-jalan.

2.2 Bahan Baku, Distribusi dan Suppliers
Bahan baku produk ini seperti kain, kanvas, vinil dan aksesoris pendukung lainnya di peroleh dari sekitar Yogyakarta karena memang banyak yang menyediakan took-toko sekitar kota jogya. Namun dalam hal ini kita tidak memproduksi sendiri melainkan mengambil produk yang sudah jadi dari konveksi.
Dalam pendistribusian produk, kami menggunakan layanan pos dan jne karena lebih familiar dan untuk dearah distribusi yang di utamakan adalah luar kota Yogyakarta. Serta untuk daerah pendistribusian adalah daerah luar kota jogja.
Supplier produk kami dari konveksi yang ada di daerah Bantul Yogyakarta. Mereka membuat langsung produk tersebut sehingga kita dapat memperoleh harga yang bersaing.

2.3 Services
Services atau layanan dari toko kami diantaranya free ongkir untuk konsumen yang berada di daerah sekitar kota klaten dan setiap hari minggu ada diskon 10% dari harga yang di tawarkan. Serta dapat mereturn barang jika barang yang diterima rusak atau salah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pembeli dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.

2.4 Teknologi
Teknologi yang digunakan adalah memanfaatkan internet karena kami sebagian besar melakukan promosi dan penjualan menggunakan media online dan sosial media.

3. Pemasaran 
3.1 Target Market
Targer market utama dari produk totebag dan sligbag adalah remaja putri dan juga para pedagang. Untuk para pedagang kami focus agar mereka menjadi reseler kami. Untuk remaja karena usia remaja memliki daya beli kebutuan untuk fashion masih tinggi.

3.2 Lokasi
Lokasi tujuan pasar dari produk ini adalah kota-kota di luar Yogyakarta. Kota - kota luar jogja di pilih karena melihat persaingan pasar di jogja sudah sangat ketat sehingga kita memilih market yang berbeda agar peluang mendapat konsumen lebih baik dan permintaan pasar untuk produk tersebut di luar jogja masih tinggi.

3.3 Harga
Harga produk kami, untuk slingbag adalah Rp 30.000 per Pcs untuk konsumen langsung, tetapi kalo untuk reseler harga produk adalah Rp 25.000 per pcs. Dan untuk totebag harganya adalah Rp. 25.000 per Pcs untuk konsumen langsung dan Rp. 20.000 untuk reseler.

3.4 Promosi
Dalam melakukan promosi kami menggunakan media sosial sebagai salah satu media promosi yang efektif di era sekarang. Facebook dan instagram menjadi sosial media yang di utamakan dari promosi kami. Selain itu promosi dari mulut ke mulut menjadi media lain yang sangat efektif, oleh sebab itu selalu memberikan pelayanan terbaik menjadi hal utama dalam usaha kami.

4. Management Team (Ketenaga Kerjaan)
4.1 Struktur organisasi
Struktur organisasi MM Store adalah saya sendiri sebagai CEO nya. Karena usaha ini masih kecil dan belum membutukan karyawan maka untuk sekarang masih saya sendiri yang mengurus usaha ini.

4.2 Kriteria Pekerja 
Kriteria pekerja dalam MM store adalah yang paling utama jujur dan mau bekerja keras, karena dalam dunia usaha tidak ada yang pasti. Tetapi dengan usaha yang keras pasti akan menghasilkan hasil yang baik pula. Selain dua hal tadi kriteria pekerja yang lain yaitu :
Mampu berkomunikasi yang baik agar dapat memiliki banyak relasi dan mampu promosi produk dengan baik.
Rajin dan teliti dalam bekerja.
Sabar dan mampu melayani pelanggan dengan baik dan sopan.
Bertanggung jawab
Berjiwa sosial tinggi
ulet

4.3 Job description (setiap bagian)
Setiap bagian dalam usaha kami memiliki tugas masing-masing yang berbeda, dengan tujuan agar setiap karyawan dapat bekerja dengan fokus dan lebih mudah dalam kontroling. Adapun beberapa job description dalam MM store yaitu :
CEO bertugas menentukan menentukan visi misi perusahaan dan menentukan segala kebijakan dan rencana perusahaan serta memenejemen semua bagian yang ada dalam perusahaan. Melakukan kontroling kepada setiap bagian perusahaan.
Untuk saat ini bagian-bagian lain dalam MM store belum ada tetapi untuk kedepannya akan ada beberapa bagian diantara lain :
1. Bagian Marketing bertugas menjual barang yang diproduksi oleh perusahaan kepada masyarakat. Selain itu bertugas melakukan promosi kepada masyarakat.
2. Bagian Produksi bertugas melakukan produksi barang, mulai dari mencari bahan baku produk sampai produk tersebut siap di pasarkan.
3. Bagian Keuangan bertugas memanajemen keuangan baik uang masuk ataupun uang keluar serta mencatatat setiap transaksi yang di lakukan perusahaan.
4. Bagian Inovasi bertugas membuat inovasi baru dari produk yang ada agar produk yang di assilkan tidak monoton da nada variasi produk.

4.4 Jam Kerja
Pembagian jam kerja dalam MM store adalah dari jam 08:00 – 17:00. Khusus bagian marketing sampai jam 21:00 untuk melayani pesanan saat malam hari. Tetapi untuk saat ini karena belum ada karyawan maka untuk jam kerja tidak ada patokan waktu yang pasti karena system kami yang berjualan secara online.

4.5 Kompensasi (Gaji dan bonus)
Untuk pembagian baji karena saat ini hanya ada ceo saja maka gaji yang ada adalah penghasilan bersih yang akan langsung masuk ke gaji CEO. Untuk pekerja nantinya berkisar antara Rp 600.000 - Rp. 800,000, tergantung tugas dan kebijakan nantinya.

5. Keuangan 
5.1 BEP
Fix Cost :
Biaya Pembelian Produk
Totebag : Rp 15.000 x 20 = Rp 300,00
Slingbag : Rp 17.000 x 30 = Rp 510,000
      Total : Rp 810.000
Biaya Variabel per bulan :
Kuota Internet : Rp 30.000
Biaya Operasional : Rp 10.000
Biaya tak terduga : Rp 50.000
Total : Rp 90.000
Harga per Pcs : Slingbag = Rp 30.000 x 30 = Rp 900.000
 Totebag = Rp 25.000 x 20 = Rp 500.000
 Total = Rp 1,400,000

BEP =  Fix Cost / P – Variable Cost
=  Rp 810.000 / 1.400.000 – 90.000
=  0,6 ( 0 Tahun 6 Bulan)

5.2 Laporan keuangan perusahaan 
A. Sumber Modal
Modal sendiri : Rp. 500,000.-
B. Biaya Operasional
No Nama Barang Harga Satuan Jumlah Harga Total
1 Totebag Rp. 15,000 10 Pcs Rp. 150,000
2 Slingbag Rp. 17,000 18 Pcs Rp. 306,000
3 Kuota Internet Rp. 30.000 1 Buah Rp. 30.000
4 Bensin Rp. 10,000 1,5 liter Rp. 10,000
5 Total Pengeluaran Rp. 496,000

C. Pendapatan
Harga jual totebag = Rp. 25,000  => Totebag = Rp. 25,000 x 10 = Rp. 250,000
Harga jual Slingbag = Rp. 30.000 => Slingbag = Rp. 30.000 x 18 = Rp. 540,000
Total pendapatan = Rp. 790,000
D. Estimasi laba bersih
Laba bersih = Pendapatan – Biaya Operasional
Laba Bersih = Rp.790,000 – Rp.496,000 = Rp.294,000.
     
6. Strategi kedepan
Strategi kedepan yang akan dilakukan untuk mencapai visi perusahaan adalah melakukan inovasi baru dalam produk dan pemasaran serta mencoba merambah daerah baru yang belum terjangkau oleh produk kami. Strategi lain yang akan dilakukan adalah merambah produk lain seperti kaos, kemeja dan sepatu agar produk yang di tawarkan lebih variatif dan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

7. Lampiran
Contoh Produk

No comments:

Post a Comment

Fakta-Fakta Tentang Otak dan Tips Bijak Manajemen Otak Agar Bekerja Optimal

CARA BIJAK MANAJEMEN OTAK GELOMBANG OTAK Berdasarkan pengukuaran dengan menggunakan alat ukur yang disebut EEG (electro encephalograph...