Friday 23 October 2015

Pengertian dan Sejarah Versi Web Serta fungsinya

Pengertian Web Browser dan Sejarah Perkembangan Web Serta Versi Dari Web yang ada.



1. SEJARAH PERKEMBAN WEB

Apa itu Web , mungkin kita sering bertanya seperti itu. Perkembangan Web pada saat ini sangatlah cepat, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya perkembangan infrastruktur pendukung yang cukup pesat di antaranya seperti internet, kenuthan pelaku industry untuk menggunakan web dan internet sebagai layan an tambahan dalam bisnis mereka. Masyarakakat  yang memandang internet dan web saat ini sebagai kebutuhan dalam semua aspek kehidupan mereka khususnya masyarakat modern perkotaan.
Sejarah awal pekembangan web dimulai dari sini, Tim Berners-Lee pada tahun 1989 menemukan metode baru dalam menghubungkan dokumen  satu dengan yang lainnya di internet. Selanjutnya metode ini di kembankan terus sehingga menjadi sebuah web. Pada tahun 1993 Web Browser yang berbasis grafis di temukan oleh Marc Adreessen, seorang peneliti dari National Center for Supercomputing. Dan lahirlah Web Browser yang pertama dengan nama  adalah MOSAIC. Pada tahun 1994 Marc Adreessen mengembankan Mosaic menjadi sebuah web browser yang lebih baik yang kemudian di beri nama WEB BROWSER NETSCAPE.
Kenudian pada saat itu juga Microsoft mengeluarkan web browser pertama yaitu INTERNET EXPLORER. Saat ini perkembangan web dan relassinya di percayakan padasebuah lembaga nirlaba yang berpusat di amerika, yaitu World-Wide-Web yaitu Lembaga ini adalah tempat berkumpulnya peneliti dan pengambil kebijakan yang berhubungan dengan web di seluruh dunia.

2. JENIS-JENIS VERSI WEB
            Ada beberapa jenis atau perkembangan web yang memiliki beberapa perbedaan di antaranya adalah sebai berikut:

     1.      Web Versi 1.0
Konsep web versi 1.0 pertama kali di perkenalkan oleh tim O’reeilly pada tahun 2000 ketika web mulai berkembang dan menjadi fenomena pada saat itu. Web jenis ini sebenarnya tidak berbeda dengan web-web lain yang di internet saat ini. Pada versi ini web biasa di sebut dengan Web Statis.

     2.      Web Versi 2.0
Web versi 2.0 di perkenalkan oleh tim O’reilly dan Dale Dougherty. Sebenarnya secra teknologi web versi 1.0 dan 2.0 tidak ada perbedaan . web 2.0 hanyalah sebuah konsep berpikir terhadap perkembangan web. web dan Web Sever sangat berbeda
Berikut contoh aplikasi web 1.0 dan 2.0 :
·         Alta Vista vs Google
·         Hotmail vs yahoo mail
·         Mp3.com vs iTunes
·         Netscape vs Firefox ,dll

     3.      Web Versi 3.0
Pada versi web 3.0 merupakan generasi sekarang , dimana pada versi sekarang kebanyakan web sudah dinamis (Web Dinamis).  Ada beberapaperbedaan antara Web Statis dan Web Dinamis.  singkatnya web versi 3.0 sudah dapat berinteraksi dengan database. Bahkan ada beberapa web yang sudah memiliki kecerdasan di dalamnya seperti facebook.
dikutip dari buku pemrograman web dinamis menggunakan php dan mysql karangan M.Rudyanto Arief

Demikian sedikit info dari Perbedaan dan Sejarah Singkat Dari Web. Semoga artikel ini bisa membantu untuk belajar dan menambah pengetahuan. Terimaksih telah berkunjung di blog auxeleri.blogspot.co.id .

No comments:

Post a Comment

Fakta-Fakta Tentang Otak dan Tips Bijak Manajemen Otak Agar Bekerja Optimal

CARA BIJAK MANAJEMEN OTAK GELOMBANG OTAK Berdasarkan pengukuaran dengan menggunakan alat ukur yang disebut EEG (electro encephalograph...