Friday 16 October 2015

Contoh Karya ilmiah lingkungan bisnis peluang usaha web developer

Contoh makalah proposal karya ilmiah lingkungan bisnis peluang usaha dengan modal sedikit usaha web developer untuk pemula yang mudah.

A. ABTRAK
Saat ini dizaman yang canggih dan serba teknologi ini berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan uang. Namun saat ini mencari pekerjaan di dunia nyata sangatlah sulit karena lapangan pekerjaan yang ada tidak sesuai dengan jumlah calon pekerja yang sangat banyak. Tetapi  saat ini terdapat peluag untuk mumulai usaha lewat dunia internet yaitu dengan bisnis online (e-commerce). Banyak cara untuk melakukan bisnis online ini, mulai dari membuat blog,membuat took online,membuat game online, membuat website dan sebagainya.
Dari tahun 1995 sampai 1999 kita telah menyaksikan berbagai aplikasi inovatif, mulai dari iklan hingga  ke pelelangan dan pengalaman realitas maya. Hampir tiap organisasi menengah dan besar di Amerika serikat telah memiliki situs web tersendiri. Ada yang sangat besar; misalnya, tahun 1998, general motors corporation  menawarkan 18.000 halam informasi yang mencakup 98.000 link ke berbagai produk, layanan dan dealer-dealernya. Di Indonesia saat ini hampir semua perusahaan pasti memilih jalur online sebagai media promosi atau iklan khususnya melalui media web site. Semua perusahaan baik yang sudah berdiri ataupun yang baru berdiri pasti membutuhkan website yang digunakan untuk media promosi atau bahkan untuk menjual produknya. Lihat saja hampir semua perusahaan sekarang memilki website sendiri bahkan instansi pemerintah seperti sekolah, universitas, rumah sakit, kementrian dan lain-lain memilki website sendiri yang digunakan untuk media promosi, sosialisai, atau berbagi informasi kepada masyarakat.
Salah satu peluang bisnis yang sesuai dengan uraian di atas adalah menjadi seorang web developer (pembuat website). Web developer yang dimaksud di sini adalah seseorang yang punya keahlian membuat website professional, bukan hanya sekedar membuat sebuah halaman web saja. Menjadi web developer adalah sebuah sarana menarik sebagai salah satu usaha sampingan bagi pembaca dan mahasiswa khususnya yang memiliki peluang sangat besar karena saat ini perkembangan teknologi sangatlah pesat dan mulai terus tumbuhnya perusahaan baru.
baca juga pengertian dan fungsi pedidikan karakter bangsa

B. Tujuan dan Manfaat Penulisan
    Adapun Tujuan Penulisan ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk memberikan gambaran bagi para pembaca khususnya mahasiswa yang ingin memulai
    
berbisnis online(e-commerce).
 2. Memberikan sedikit cara untuk memulai berbisnis online yang mampu menghasilkan uang.
3. Memberikan sedikit pengetahuan, peluang  dan cara untuk memulai bisnis web developer.
C.Metode Penulisan
       Dalam menulis karya ilmiah ini penulis untuk memberikan tulisannya dan memperoleh data-data adalah dengan menggunakan beberapa metode sebagai berikut:
1.Studi Online : Penulis memperoleh data-data dari internet yang mana memuat
    beragam data
dan informasi yang berkaitan dengan judul karya ilmiah tersebut.
2.Studi Kepustakaan: Penulis membaca buku yang berkaitan dengan judul karya ilmiah dan
   
menuangkanya kedalam karya ilmiah tersebut.
D. ISI
        Bisnis Online adalah sebuah bisnis yang dilakukan dengan cara online atau tidak bertemu secara langsung dengan si pembeli dan si penjual. Electronic commerce (EC)        merupakan konsep baru yang di gambarkan sebagai prose jual beli barang atau jasa pada world wide web internet (Shim, Qureshi, Siegel, Siegel, 2000). Dari pengertian diatas dapat di pahami adanya jual beli yang menggunakan web site sebagai medianya. Banyak perusahaan dunia besar dan terkenal juga dari e-commerce contoh microsoft,Apple,General Electric,Home Depot dan masih banyak lagi yang lainnya, semua perusahaan tersebut memiliki web site sendiri yang mendukunh perusaahan tersebut dalam penjualan dan promosi produk mereka masing-masing. Di era sekarang ini web site telah menjadi hal yang penting dan telah menjadi hal yang wajib bagi perusahaan guna menunjang penjulan dan menarik konsumen karena sekarang ini segala sesuatu serba online dan akan cepat terkenal juga produk yang di pasarkan secara online. Nah dari situlah paluang usaha web developer sangat terbuka lebar dan menjanjikan untuk prospek kedepannya karena pasti akan terus tumbuh perusahaan baru atau usaha baru yang membutuhkan web site dan di tambah sekarang ini bukan hanya perusahaan saja yang memakai web site misalnya sekolah, rumah sakit dan lain-lain pun sudah memakai web site. Berbisnis online web developer memang sangat menjanjikan di zaman teknologi ini dan dapat di jadikan anternatif dari sulitnya mencari pekerjaan serta terdapat banyak keuntungan.
Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:
  1. Harga sebuah website professional berkisar Rp 500.000,- sampai dengan Rp 10.000.000,-
  2. Untuk mendapatkan konsumen cukup menggunakan, Facebook, kaskus, Toko Bagus, Google, atau melalui website sendiri. Artinya Anda tetap bisa dapat order meskipun sedang sibuk meeting, bekerja atau kuliah sekalipun.
  3. Pembuatan website tersebut bisa dilakukan di rumah dan diluar jam kuliah (lamanya pembuatan website antara 1 hari s/d 1 minggu saja).
  4. Ketika selesai, cukup menggunakan email maka karya anda sudah sampai ketangan pembeli.
  5. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer.
Maka dari itu usaha online sebagai seorang professional Web Developer merupakan solusi yang menarik. .
            Dalam memulai usaha web developer anda harus memiliki keahlian dalam merancang dan membuat website baik dalam memahami editor pembuat website, paham seluk beluk website dan paham tentang bagaiman menulis scrip untuk membuwat website. Anda dapat memilih jenis website apa yang ajan anda buat atau tawarkan kepada pelanggan seperti website untuk company profile, untuk penjualan, instansi pemerintah seperti sekolah dan lain sebagainya. Bagi anda yang sudah memilki keahlian dalam membuat website dapat langsung membuka usaha sendiri atau membuat tim agar pekerjaannya lebih mudah dan terorganisir. Dan bagi anda yang belum dapat belajar secra otodidak atau mengambil kursus membuat web profesional.

1.Memulai Bisnis Web Developer
Ada beberapa tips untuk memulai bisnis web developer
  1. Mengetahui sistem kerja apa yang di pakai antara penyedia jasa desain website dan kliennya. Kita harus paham tentang seluk beluk sistem kerja antara penyedia jasa dan klienya agar anda tidak kebingungan nantinya saat memulai pekerjaan.
  2. Memilki pengetahuan mengenai harga website.
Anda harus paham dengan harga website yang anda buat, harga website dapat di tentukan dengan seberapa rumit pembuatannya dan harus di sesuaikan pula dengan spesifikasinya. Jangan sampai terlalu mahal atau terlalu murah karena dapat merugikan anda,
  1. Mempunyai website atau blog yang menarik.
Website yang menarik dapat di jadikan contoh atau sebagai media promosi kepada pelanggan agar mereka percaya dengan kemampuan anda dalam membuat website,
  1. Memiliki peralatan dan tenaga ahli yang memadai.
Peralatan yang memadai akn memudahkan dalam proses pembuatan website dan dengan di dukung tenaga ahli (jika anda bekerja dalam tim) akan mempercepat dalam pembuatan website dan hasilnya akan memuaskan.
  1. Memilih pasar yang akan di bidik.
Dalam memilih pasar yang akan di bidik ada harus mengetahui jumlah pesaing yang berada dalam pasar yang sama dan mengetahui seberapa besar peluang yang ada di pasar yang akan anda bidik nantinya, apakah untuk perusahaan besar, menengah atau sebagainya.
  1. Melekukan promosi.
Promosi adalah hal yang sanga penting karena kita akan mencari konsumen yang akan menggunakan jasa kita, promosi dapat mengunakan jejaring soaial atau dengan iklan di koran atau bahkan dengan membuat website yang bagus seperti yang saya jelaskan di atas.
  1. Menyelesaikan permintaan pemesan sesuai jadwal.
Anda harus menyelesaiakan pesanan tepat waktunya agar pelanggan anda tidak kecewa sehingga pelanggan tersebut akan tetap menggunakan jasa anda.

2. Memulai Strategi  Pemasaran Bisnis Web Developer

Pertanyaan selanjutnya adalah “berapa modal yang diperlukan untuk membuat sebuah website?”. Jika Anda adalah seorang professional web developer maka modal untuk membuat sebuah website hanyalah Rp 300.000.-. Yang akan anda habiskan untuk membayar Domain (nama sebuah website) dan Hosting (layanan penyimpanan file sebuah website).
Website yang anda jual dengan harga paling murah yaitu Rp 500.000,-  biasanya selesai dalam waktu 1 hari. Karena client tidak diperbolehkan meminta macam-macam. Sesuai dengan harganya yang murah. Bayangkan keuntungannya bila anda mendapatkan order senilai 10.000.000,-, jika biaya yang anda keluarkan pun tetap sama. Tentu saja kualitas website yang berharga Rp 10.000.000,- berbeda dengan yang harganya hanya Rp 500.000 saja.
Website berharga Rp 500.000,- biasanya di buat dengan template (WordPress, Joomla, dll), yang terbatas dari segi design dan fungsi-fungsinya. Sama seperti ketika anda membeli baju di seorang designer berkelas. Atau membeli baju secara grosiran. Baju yang anda beli pada seorang designer biasanya hanya anda saja yang memiliki model baju tersebut. Sedangkan jika beli baju grosiran banyak orang memiliki baju yang sama seperti anda.

3. Kesimpulan
           Dari contoh – contoh di atas bahwa berbisnis online itu bisa di raih melalui membuat website karena prospeknya yang menjajikan dan hasilnya pun lumayan. Nah, untuk memulainya tentunya Anda harus punya modal, baik itu modal materil ataupun modal keahlian. Jika Anda tertarik menjadi seorang web developer, sebaiknya Anda mulai untuk belajar sehingga nantinya Anda akan punya keahlian membuat website profesional. Dan bagi yang sudah ahli dapat langsung memulai menjalankannya karena bagian tersulit dalam berbisnis adalah memulainya. Lebih baik mencoba tapi gagal daripada gagal mencoba. Namun untuk mengapai sukses sebesar itu itu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit dan perjuangan keras serta doa yang selalu dipanjatkan kepada tuhan.Tapi apapun penghasilan kita kita harus mensyukurinya.

E. REFERENSI
M.Suyanto.2007.Marketing Srategy top brand indonesia,penerbit ANDI,yogyakarta.
Andy sunyoto.2007.Ajax membangun web dengan teknologi asynchronouse java script dan xml, penerbit ANDI,Yogyakarta.
M.Suyanto.2003.Strategi Periklanan Pada e-Commerce Perusahaan Top Dunia,penerbit ANDI,yogyakarta.
M.rudyanto arief.2011.Pemrogaman web dinamis menggunakan php dan Mysql,penerbit ANDI,Yogyakarta


No comments:

Post a Comment

Fakta-Fakta Tentang Otak dan Tips Bijak Manajemen Otak Agar Bekerja Optimal

CARA BIJAK MANAJEMEN OTAK GELOMBANG OTAK Berdasarkan pengukuaran dengan menggunakan alat ukur yang disebut EEG (electro encephalograph...