Thursday 6 March 2014

5 Cara Rahasia Memulai Bisnis atau Usaha Tanpa Uang dan Modal Uang Besar




Ini ada beberapa tips memulai bisnis atau usaha tanpa uang yang sangat mudah atau berbisnis tanpa modal besar serta menjalankan usaha dengan modal yang sedikit atau minim.


     saya akan berbagi beberapa tips agar dapat memulai usaha tanpa uang atau modal. Mungkin tips ini dapat membuat anda menjadi enterpreneur yang sukses.  langsung saja ke cara yang pertama untuk memulai bisnis dan berwirausah tanpa uang.


1. Bermodal KTP
            KTP atau  kartu tanda penduduk merupakan kartu yang harus di miliki penduduk atau warga negara. KTP dapat andai pakai sebagai modal yang cukup memadai. Misalnya KTP yang sangat berharga di menjadi modal sebagai jaminan untuk dapat mengambil buku dari prusahaan penyalur buku. Dengan kepercayaan dari perusahaan penyalur buku tersebut, kita dapat menjual buku tersebut dan membayarnya setelah buku laku. Meskipun tidak mudah dalam menjual buku tetapi pasti bisa di lalui dengan perjuangan dan doa.
            Masfuk, sarjana hukum dari universitas Airlangga memulai usahanya dengan modal KTP. Dengan modal KTP , Masfuk berangkat ke jepara tempat pak rohim, pemilik industri kecil pembuat monel. Masfuk meminta pak rohim memberi barang monel seharga Rp. 350.000 dengan jaminana ktp, ternyata pak rohim tidak keberatan kemudian masfuk menuju surabaya dan pergi ke supermarket sinar dan meyewa tempat dengan srategi pmbayaran di belakang. Kerja keras masfuk berhasil. Dalam tiga hari dagangannya dapat terjual Rp1.200.000. Uang hasil jualan di gunakan untuk membayar sewa dan membayar hutang ke pak rohim. Usaha masfuk berkembang pesat dan sekarang omzetnya telah mencapai Rp5,5 miliar pada tahun 1995.


2. Bermodal Uang Milik Orang Lain

            Anda memiliki ide usaha yang bagus tetapi tidak punya modal maka anda masih bisa memulai usaha dengan kerjasama modal. Jika mempunyai kawan atau relasi dekat yang percaya kepada anda, anda dapat menghubungi dan meyakinkan mereka untung mendapatkan dukungan modal. Keuntungan dari usaha tersebut dapat dua atau sesuai perjanjian. Semakin anda melibatkan mereka semakin besar pula tingkat kepercayaan kepada anda yang bererti pula semakin besar pula modal yang di tanamkan pada usaha anda. Kejujuran merupakan hal yang paling utama dalam memulai usaha dengan kerjasama modal.

3. Pembayaran Di Muka
            Selain membuka usaha tanpa uang tunai dengan pembyaran di belakang, anda juga dapat melakukannya dengan pembayaran di muka. Gabunagan antara memulai uasaha dengan pembayaran di belakang dan pembayaran di muka adalh yang paling ideal. Gedung atau kantor, iklan, brosur dapat kita peroleh dengan pembayaran di belakang, sedangkan pelanggan kita menggunakan pembayaran di muka. Usaha berupa kursus, lembaga pendidikan kejuruan dan bahkan pendidikan tinggi pundapat di jalankan dengan strategi pembayaran di muka.

4. Bermodal Keahlian
            Keahlian yang anda miliki merupakan modal yang cukup memadai. Jika memang mempunyai keahlian maka anda dapat memulai bisnis dengan menjadi konsultan. Konsultan merupakan orang yang ahli dalam suatu bidang yang memberikan petunjuk atau nasihat kepada orang yang memintanya. Anda dapat menjadi konsultan dari berbagai bidang ilmu yan anda miliki mulai dari bidang tanaman, desain, bisnis, manajemen, komputer dan sebagainya. Misalnya anda ahli dalam bidang penataan taman. Pekerjaan yang anda lakukan memberikan desain taman lengkap dengan tanaman-tanaman yang anda sarankan dan ornamen-ornamen penghias taman lainnya.

5.  Bermodal Barang Milikorang Lain
            Anda dapat memulai bisnis dengan modal menggunakan barang milik orang lain yang di titipkan orang alin kepada anda untuk di jual. Ada seorang  mahasiswa yang di titipi barang-barang dagangan oleh kawannya berupa besi baja untuk tulang atau isi kalu mau membuat pondasi bangunan. Karena dia sulit menjualnya pada harga standar maka dan dia belum tau pasar maka akhirnya barang titipan milik kawannya d jual dengan harga lebih rendah daripada harga pasar. Dia memang rugi tetepi dia mendapatkan uang tunai. Dari uang tunai tersebut dia membeli barang lain yang keuntungannya cukup tinggi. Dari hasil penjualan barang lain inilah yang dia gunakan untuk membayar barang titipan kawannya. Dan masih banyak cara lain anda memulai usaha tanpa uang.
Demikian sedikit pengetahuan yang dapat saya bagikan, untuk lebih jelasnya silahkan baca buku “11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang” dengan penulis Bapak M. Suyanto


Sumber:  M. Suyanto “11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang”

No comments:

Post a Comment

Fakta-Fakta Tentang Otak dan Tips Bijak Manajemen Otak Agar Bekerja Optimal

CARA BIJAK MANAJEMEN OTAK GELOMBANG OTAK Berdasarkan pengukuaran dengan menggunakan alat ukur yang disebut EEG (electro encephalograph...